KTT keuangan G20 di Washington dan dampaknya pada ekonomi dunia


Perhatian dunia mengarah ke Washington pekan lalu dimana pemimpin negara G-7 dan negara-negara berkembang seperti Korea, Cina, Brasil, Arab Saudi, Indonesia dan Afrika Selatan, berkumpul untuk membahas tindakan untuk mengatasi krisis ekonomi global.

Walaupun pertemuan tingkat menteri keuangan G-20 mulai diadakan untuk membahas krisis keuangan Asia pada 10 tahun yang lalu, namun pertemuan kali ini adalah pertemuan pertama para pemimpin negara dari negara maju dan negara berkembang .
Apa yang dibahas oleh pemimpin dunia di KTT 15 Nopember itu ?
Dalam pidato perdana pertemuan keuangan G-20, presiden Lee Myung-bak mengatakan kekhawatiran tentang penyebarluasan perlindungan perdagangan dan kerugian negara berkembang adalah akibat krisis yang bermula dari negara industri maju .
Dia mengatakan bahwa dunia ini menghadapi resesi ekonomi terburuk sejak peristiwa Great Depression di tahun 1929 dan menuntut negara G-20 berupaya untuk mengakhiri agenda pengembangan Doha yang belum mencapai persetujuan .
Lebih jauh Lee Myung-bak mengusulkan agar negara industri maju meningkatkan sistem swap mata uang termasuk dengan negara berkembang dan menekankan peningkatan dana IMF supaya negara berkembang dapat memperoleh likuiditas uang devisa yang dibutuhkan.

0 comments:

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by 용데Blogger